Sejarah lampu bohlam

Posted on

Sejarah lampu bohlam

Sejarah Singkat lampu bohlam
BACA JUGA : Lampion

Lampu listrik, salah satu kenyamanan sehari-hari yang paling mempengaruhi kehidupan kita, tidak “diciptakan” dalam pengertian tradisional pada tahun 1879 oleh Thomas Alva Edison, meskipun ia dapat dikatakan telah menciptakan lampu pijar komersial pertama yang praktis. Dia bukan orang pertama atau satu-satunya orang yang mencoba menemukan bola lampu pijar. Sebenarnya, beberapa sejarawan mengklaim ada lebih dari 20 penemu lampu pijar sebelum versi Edison. Namun, Edison sering dikreditkan dengan penemuan ini karena versinya mampu melampaui versi sebelumnya karena kombinasi tiga faktor: bahan pijar yang efektif, vakum yang lebih tinggi dari yang lain dapat dicapai dan resistensi tinggi yang membuat distribusi daya dari sumber terpusat yang layak secara ekonomi.

Lampu lampu awal
Pada tahun 1802, Humphry Davy menemukan lampu listrik pertama. Dia bereksperimen dengan listrik dan menemukan baterai listrik. Ketika dia menghubungkan kabel ke baterai dan sepotong karbon, karbon menyala, menghasilkan cahaya. Penemuannya dikenal sebagai lampu Arc Listrik. Dan sementara itu menghasilkan cahaya, tidak menghasilkannya lama dan terlalu terang untuk penggunaan praktis.

Selama tujuh dekade berikutnya, penemu lain juga menciptakan “bola lampu” namun tidak ada desain yang muncul untuk aplikasi komersial. Yang lebih penting lagi, pada tahun 1840, ilmuwan Inggris Warren de la Rue menutup filamen platina melingkar di tabung vakum dan melewati arus listrik melewatinya. Desainnya didasarkan pada konsep bahwa titik leleh platinum yang tinggi memungkinkannya beroperasi pada suhu tinggi dan ruang yang dievakuasi akan mengandung lebih sedikit molekul gas untuk bereaksi dengan platinum, memperbaiki umur panjangnya. Meski desainnya yang efisien, biaya platinum membuatnya tidak praktis untuk produksi komersial.

Pada tahun 1850 seorang fisikawan Inggris bernama Joseph Wilson Swan menciptakan “bola lampu” dengan melampirkan filamen kertas berkarbonisasi di atas bola lampu evakuasi. Dan pada tahun 1860 ia memiliki prototip kerja, namun kekurangan vakum yang baik dan pasokan listrik yang memadai menghasilkan bola lampu yang hidupnya terlalu pendek untuk dianggap sebagai penerus lampu yang efektif. Namun, pada pompa vakum 1870 yang lebih baik tersedia dan Swan melanjutkan eksperimen pada bola lampu. Pada tahun 1878, Swan mengembangkan bola lampu tahan lama dengan menggunakan benang katun yang diobati yang juga menghilangkan masalah penghalusan bola lampu awal.

Pada tanggal 24 Juli 1874 sebuah paten Kanada diajukan oleh seorang teknisi medis Toronto bernama Henry Woodward dan seorang rekannya Mathew Evans. Mereka membangun lampu mereka dengan berbagai ukuran dan bentuk batang karbon yang ada di antara elektroda dalam silinder kaca yang diisi dengan nitrogen. Woodward dan Evans berusaha mengkomersilkan lampu mereka, tapi tidak berhasil. Mereka akhirnya menjual hak paten mereka kepada Edison pada tahun 1879.

BACA JUGA : Jual Lampion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *