Taman Vertical Sederhana Dari Botol Bekas

Posted on

Di tahun 2017 ini banyak orang yang semakin tersadar untuk membuat sebuah taman vertikal garden. Hal ini dapat kita jumpai di banya kota-kota besar di dunia, bahkan di Negara kita sendiri Indonesia. Keberadaan sebuah taman vertikal garden tidak luput dari seorang penggagasnya yaitu Patrick Blanc, Patrick Blanc sendiri adalah seorang warga Negara Prancis yang telah mengembangkan sistem ini sejak tahun 1998. Sampai dengan sekarang rasanya harapan seorang Blanc mulai menjadi kenyataan dikarenakan berkurangnya ruang terbuka hijau untuk masyarakat sehingga membuka peluang untuk membuat taman vertikal garden yang modern sesuai dengan perkembangan jaman, karena pembuatan taman vertkal garden biasanya tidak banyak memakan tempat dan pastinya juga minimalis. ‘

Cara membuat taman vertikal sederhana dari botol-botol bekas yang sudah tak terpakai lagi yaitu

Kadangkala kita menganggap botol-botol bekas terpakai adalah sampah yang mengganggu yang membuat semakin kacau rumah kita, tapi tahukah anda bahwa botol-botol bekas tersebut dapat dimanfaatkan kembali untuk membuat sebuah vertikal garden sederhana yang cantik dan kadangkala juga bernilai seni tinggi untuk memperindah lingkungan tempat anda tinggal, Kontraktor Pembuatan Taman.

Cara membuatnya pun sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup sediakan botol air mineral bekas ukuran 1 liter ataupun 1,5 liter sebanyak 9 buah atau 10 buah serta peralatan tambahan berupa pisau ataupun cutter yang tajam, dan jangan lupa sebuah paku. Caranya mudah sekali, anda lubangi bagian bawah botol bekas itu dengan paku yang anda siapkan tadi, paku tersebut ada baiknya anda panaskan terlebih dahulu, lubang ini untuk sirkulasi tanaman nantinya. Kemudian anda gunting menggunakan gunting ataupun cutter botol bekas tadi di bagian tengah botol, potong secara memanjang. Kemudian masukkan media tanah dan tanaman ke dalam lubang botol tersebut, mudah bukan ?

Taman vertikal sederhana dari botol bekas yang telah anda buat tadi dapat anda gantungkan di tempat terbuka sehingga tanaman terkena udara dan sinar matahari yang cukup dan dapat anda susun dari atas ke bawah atau bisa juga anda kreasikan sesuai keinginan hati anda sendiri.

Keuntungan membuat taman vertikal garden dari botol bekas yaitu anda tidak perlu mencari tanaman yang mahal untuk mengisinya anda dapat mencari tanaman-tanaman yang terdapat di sekeliling anda, tentunya ini lebih hemat kan. Anda dapat menggunakan pakis liar ataupun membeli sejenis tanaman rumput yang tumbuh secara liar di lingkungan tempat tinggal anda, mudah sekali.

Untuk mempercantik taman vertikal botol bekas anda, anda dapat memberikan sedikit sentuhan seni ke dalam botol bekas anda, misalnya seperti mengecat dengan cat warna-warni agar kelihatan lebih semarak dan indah ataupun anda dapat membuat sebuah gambar kartun lucu di botol bekas anda, tentu botol bekas itu tidak akan terlihat seperti botol tak berguna lagi, tetapi menjadi barang seni yang indah dipandang mata. Selain menggunakan botol, anda juga dapat menggunakan paralon bekas atau kaleng bekas wadah susu bayi yang biasanya dibuang ke tempat sampah. Selain untuk memperindah lingkungan anda juga sudah berpartisipasi untuk menjaga lingkungan anda dari sampah yang susah untuk didaur ulang kembali itu.

Nah, itulah cara membuat taman vertikal garden sederhana dari botol bekas yang sudah tak terpakai, dengan sedikit kreatifitas maka sebuah taman minimalis indah dapat anda buat sendiri di rumah, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *